Efek Blog
PB.Tunas Harapan Junior Club: Rahasia dan Cara bermain bertahan (defensive) bag.1
Sumber : http://jembersantri.blogspot.com/2012/12/cara-membuat-efek-bubble-pada-cursor-di-blog.html#ixzz2Y1zJL1WZ Follow us: jembersantri.blogspot.com on Facebook

Kamis, 20 Juni 2013

Rahasia dan Cara bermain bertahan (defensive) bag.1


Anda seorang pemain Bulutangkis ? Janganlah merasa cukup dengan hanya belajar footwork dan Pukulan smash saja . Seorang pemain bulutangkis yang handal , ia pun di tuntut harus menguasai teknik bertahan (defensive) dari serangan lawan ... segencar apapun dan sekeras apapun serangan lawan ! . Karena adakalanya pemain itu dalam posisi menyerang dan adakalanya bertahan . Anda tidak selamanya terus terkuras energi anda dengan menyerang dan menekan lawan , saya yakin ada saatnya anda pun DI SERANG dan DI TEKAN lawan . 
 
Tidak sedikit pemain pemula dan menengah , mereka mengeluhkan sulit untuk belajar bulutangkis dengan teknik defensive . Mereka sulit untuk beranjak atau bertahan lama dari tekanan lawan . Dua kali atau tiga kali pukulan smash lawan , maka Anda pun game over di buatnya . Memang sulit jika kita tidak berlatih secara fokus pada teknik bertahan ini . Dibutuhkan latihan khusus untuk bisa menguasainya .

Disini saya akan beberkan beberapa teknik bagaimana cara bermain bulutangkis dalam posisi bertahan ,... (terkhusus pada permainan Double (ganda)) .. sekalipun saat anda di tekan musuh dengan bertubi-tubi .

Berikut rahasianya .... 

1. Fokus dan Konsentrasi

Tolong jangan melamun sekalipun sekejap . Karena posisi bertahan di butuhkan Fokus dan Konsentrasi penuh . Usahakan pandangan mata anda harus mendahului gerakan pukulan lawan . Maka jika keadaan ini bisa anda kuasai , maka pergerakan reflek tubuh anda akan menggiring anda pada gerakan yang teratur tapi cepat pada saat anda di serang musuh . Kuncinya , karena anda telah MENDAHULUI gerakan musuh dengan konsentrasi pada pandangan sehingga gerak reflek tubuh anda mengikutinya .

2. Latihan dengan menggunakan dinding atau tembok

Inilah salah satu teknik dan kunci belajar posisi bertahan di bulutangkis . Teknik ini banyak di rekomendasikan oleh pemain kelas dunia . Dimana mereka bisa berjam-jam berlatih memukul secara acak ke dinding / tembok . Dinding adalah media yang paling tepat untuk di jadikan partner dalam melatih cara bertahan yang ampuh . Anda akan di latih dan di ajarkan secara otomatis oleh "dinding" , anda tahu apa saja yang bisa anda peroleh dari latihan bersama dinding ? ,...

  • Melatih kekuatan daya dorong pergelangan tangan anda
  • Melatih Reflek kecepatan tangan & tubuh sekaligus ketika kok meluncur dengan cepat mengarah ke anda .
  • Melatih konsentrasi anda dalam menerima datangnya serangan .
  • Melatih footwork dan langkah kaki secara alamiah 
  • Melatih pengaturan nafas 
  • Melatih dengan cepat pergerakan pegangan (grip) raket anda
  • Melatih kesigapan anda 
  • Melatih ketenangan anda 
  • Melatih pukulan drive 
  • Melatih pukulan smash backhand 
  • Melatih clear lob dan flick 
Jika anda ingin lebih mahir , maka lakukan pada dinding atau tembok yang tidak rata . Misal tembok / dinding dari permukaan semen yang belum di haluskan . Dengan begitu , laju pantul bola kok akan semakin liar dan keadaan ini adalah sangatlah bagus untuk melatih daya reflek dan kecepatan tubuh anda saat menerima bola-bola cepat dan bertubi-tubi sekalipun . Berlatihlah dengan fokus dan usahakan bola yang di kembalikan seukuran diatas ketinggain Netting / Jaring bulutangkis . Oleh karenanya , tidak mengapa jika tembok atau dinding yang akan kita jadikan media latihan ,.. Anda beri garis horizontal menyerupai net dengan ketinggian yang sama dengan net . 

Selamat berlatih ..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar