Efek Blog
PB.Tunas Harapan Junior Club: Cara Sederhana Memahami Bermain Ganda (double)
Sumber : http://jembersantri.blogspot.com/2012/12/cara-membuat-efek-bubble-pada-cursor-di-blog.html#ixzz2Y1zJL1WZ Follow us: jembersantri.blogspot.com on Facebook

Jumat, 21 Juni 2013

Cara Sederhana Memahami Bermain Ganda (double)







Dapat bermain ganda dengan baik pada pertandingan bulutangkis memang bukan pekerjaan mudah . Jangankan bagi pemula , bagi seorang profesional pun untuk dapat bermain taktis dan benar pada pertandingan ganda bulutangkis (double / mix ) di butuhkan strategi tersendiri . Karena permainan ganda bulutangkis itu berbeda dengan permainan tunggal (single) . Yang membedakan adalah pada permainan tunggal tidak ada kerja sama Tim , akan tetapi sebaliknya pada permainan Ganda maka kerja sama tim adalah sesuatu yang mutlak di tuntut harus di pelajari dan di fahami .

Bermain ganda sederhananya adalah permainan secara Tim . Dan ini indikasinya adalah permainan tidak di tuntut baik hanya pada satu orang saja akan tetapi kedua pemain harus bisa saling memberi kelebihan dan menutupi kelemahan masing-masing .

Secara sederhana , memahami bermain ganda adalah :

1. Saling menutupi , baik ketika pada saat menyerang atau pun bertahan . Jika pasangan kita sedang bergerak pada sudut tertentu , INGAT !! bahwa disana ada ruang kosong yang ditinggalkan oleh pasangan kita , maka pada saat itu anda wajib mengisi ruang kosong tersebut dengan cepat dan dengan posisi READY (siap) untuk memukul atau menyambut serangan balik dari lawan . Kebanyakan pemula , ketika bermain ganda ia seolah-olah bermain tunggal . Sehingga respond untuk saling menutupi kadang kala datang terlambat . Padahal ini adalah keadaan yang salah karena memungkinkan posisi tersebut tidak ideal buat anda sehingga mudah bagi lawan mengendalikan anda dan pasangan anda .

2. Membuat pola daerah spesialis . Ketika menyerang , permainan ganda harus memiliki dua titik daerah spesialis yang efektif menekan lawan . Ingat , ini kerja sama Tim . Maka tim kurang efektif jika hanya mengandalkan pola penyerangan hanya pada satu titik saja. Misalnya dia hanya menyerang di posisi tengah saja , tidak membuat pola penekanan yang berarti . Sehingga permainan terlihat monoton dan ini kondisi yang mudah buat lawan untuk menekan anda. Maka cara sederhana membuat strategi menyerang yang paling efektif pada permainan ganda adalah membuat dua daerah spesialis atau dua daerah titik serangan , yaitu : 
  • Titik serangan depan (si penunggu depan) dan 
  • Titik serangan belakang (si penunggu belakang)
Strategi dengan membuat dua pola titik penyerangan ini sudah banyak membuahkan Juara-juara dunia bulutangkis yang sulit di kalahkan pada zamannya . Sebut saja seperti pasangan Rexy Mainaky dan Ricky Subagja . Rexy adalah pembunuh daerah depan yang taktis dan cepat . Dia memotong bola-bola pendek dan bola-bola netting dari lawan dengan efektif dan cepat serta mematikan sehingga lawan menjadi bingung akan mengembalikan ke arah mana daerah yang kosong . Sedangkan Ricky yang memiliki postur lebih tinggi adalah Dia penggebuk daerah belakang yang powerfull . 

Di zaman tahun 2000-an hingga kini pola atau strategi dengan mengandalkan dua titik daerah serang inipun sering di peragakan oleh pasangan Hendra Setiawan dan Markis Kido (ketika jayanya) . Mereka berdua sering kali bergantian posisi dengan cepat dalam membuat pola serangan dua titik sekaligus .
 
Atau pemain China yang di waktu keemasannya sangat di takuti oleh lawan . Dia adalah Chai Yun (killer net) dan Fu haifeng (Powerful Big Smash) si pemilik smash terkeras dan tercepat di dunia .



Sederhana saja . Satu orang eksekutor bagian depan dan dia yang mengatur jalannya pertandingan dan satu orang spesialis memukul dan mematikan lawan dengan pukulan-pukulan smash . 

Demikian , cara sederhana memahami bermain ganda dengan baik dan benar . Pada tips berikutnya akan di kembangkan strategi permainan ganda untuk strategi service .


Tidak ada komentar:

Posting Komentar