Efek Blog
PB.Tunas Harapan Junior Club: Belajar Strategi Bermain Ganda Bulutangkis (double) .Bag 2
Sumber : http://jembersantri.blogspot.com/2012/12/cara-membuat-efek-bubble-pada-cursor-di-blog.html#ixzz2Y1zJL1WZ Follow us: jembersantri.blogspot.com on Facebook

Jumat, 21 Juni 2013

Belajar Strategi Bermain Ganda Bulutangkis (double) .Bag 2





Masih berbicara pada strategi permainan ganda bulutangkis . Ingat filosofi bulutangkis : siapa yang menyerang duluan maka dialah pemenangnya . Maka dari filosofi ini kita bisa menyimpulkan " siapa yang menekan pertama kali maka dialah yang memiliki "SERANGAN" atau PENYERANG " . Lalu permasalahannya adalah bagaimana kita harus memulai dalam melakukan strategi serangan ? atau dengan kata lain "MENEKAN " lawan ? . 



KUNCINYA adalah : Memanfaatkan Serve dengan sempurna (baik yang memulai serve atau yang menerima serve dari lawan)

1. BAGI "SI PENERIMA" SERVE : 

Sederhana saja , Anda harus melatih posisi Ready anda ketika menghadapi serve dari lawan . 

Posisi yang salah adalah : 
- Jangan terlalu ekstrim badan anda condong kedepan melewati kewajaran , karena jika lawan kita jeli (cermat) mengamati posisi berdiri kita maka lawan dengan serve tipuan dia bisa memberi bola lob jauh ke ujung belakang anda yang tidak anda duga sama sekali . Dan anda dalam posisi "terlalu ekstrim" condong ke depan sehingga ini membuat anda kesulitan ketika menerima bola serve lob kebelakang tadi . Hasilnya ? . Skak mat buat anda !! dan lawan menang! . 
- Tangan anda tidak diangkat ketika anda menerima serve dari lawan (dan ini kesalahan yang sangat mendasar dari permainan ganda)  . Hasilnya ? , bola dari lawan tidak maksimal untuk dimanfaatkan menjadi bola mati (baca : menyerang) oleh anda ! dan itu kerugian besar buat anda, karena anda melewatkan strategi menyerang .

Posisi yang benar adalah :
- Si penerima 'serve' , Berdiri dengan kaki kiri di depan dan tubuh agak condong kedepan dengan TIDAK Ekstrim disertai dengan tangan bersama raket pada posisi siap memukul dengan cara diangkat sejajar dengan bahu atau diatas kepala . Ingat , raket diangkat sejajar dengan bahu atau diatas kepala . Hal ini agar memudahkan anda melakukan pukulan drive smash pendek pada pengembalian serve dari lawan dan memendekan lengan ayun anda saat beradu kontak dengan kok .
- Dari posisi yang benar diatas tadi , anda bisa melakukan "serangan pengembalian serve yang sempurna (baca : menekan lawan) caranya : 



  • Kembalikan bola dengan cepat dan diarahkan lurus ke badan lawan . Semakin tepat arah bola mengarah ke badan lawan maka semakin sempurna anda sedang menyerang lawan . Membuat lawan berada pada posisi yang tidak menguntungkan dalam menerima pengembalian serve dari anda . Hasilnya ? lawan berada pada posisi tertekan .
  • Kembalikan dengan pukulan netting yang bergulir tipis diatas net (butuh latihan fokus khusus netting) . Sehingga memaksa lawan mengangkat bola menjadi lob ke atas atau melakukan netting kembali dengan keadaan bola yang sulit . Dan kedua posisi ini jelas menguntungkan anda dalam artian " Itulah saat ketika anda memulai strategi menyerang " .
  • Kembalikan dengan pukulan setengah . Pukulan setengah adalah pukulan drive lemah yang menukik ke bagian tengah lapangan . Posisikan pukulan tersebut di samping lawan sebelah kiri atau sebelah kanan . Namun posisi yang menguntungkan biasanya adalah dengan melihat posisi rekan dari lawan berada pada daerah yang sulit dijangkau olehnya .

Demikian Tips Strategi permainan ganda bulu tangkis kali ini , semoga bisa membantu dalam menambah wawasan strategi bermain ganda di bulutangkis layaknya seorang profesional 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar